Pasar dalam perekonomian: Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pengertian

Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market) adalah pasar yang jumlah penjual dan pembelinya tidak sebanding atau tidak berimbang.

Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna adalah :
1. Pasar Monopoli  yaitu suatu pasar yang dikuasai oleh satu penjual melayani semua konsumen.
Ciri-ciri pasar monopoli :
  • Hanya ada satu penjual
  • Tidak ada barang pengganti (substitusi)
  • Penjual bebas menentukan harga barang/jasa
  • Ada hambatan bagi penjual baru yang mau masuk
Kelebihannya :
  • Keuntungan penjual sangat tinggi
  • Tidak memerlukan promosi
Kelemahannya :
  • Pembeli tidak punya pilihan lain
  • Terjadi eksploitasi terhadap pembeli
Sebab timbulnya monopoli :
  • Berdasarkan kekuatan hukum, karena memperoleh hak paten suatu barang
  • Pemberian lisensi/ijin dari pemerintah
  • Memiliki modal yang sangat besar
  • Menguasai bahan mentah yang strategis
  • Produk sangat digemari oleh konsumen
Contoh pasar monopoli:
  • PT. Kereta Api Indonesia,
  • PT. PLN, PT. Peruri,
  • PT. Pindat,
  • dll
2. Pasar Oligopoli yaitu suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.
Ciri-ciri pasar oligopoli :
  •   Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar
  • Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen tetapi mempunyai ciri khusus (differentiated product)
  • Satu diantara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang terbesar
Kebaikannya :
  • Menimbulkan persaingan untuk membuat inovasi-inovasi baru
Kelemahannya :
  •   Menimbulkan ketimpangan distribusi pendapatan dalam masyarakat
  • Dapat menimbulkan eksploitasi karyawan
Oligopoli dapat dibedakan menjadi 2 :
  • Oligopoli murni (pure oligopol), beberapa produsen menjual barang yang homogen
  • Oligopoli dengan perbedaan (different oligopol), barang yang diproduksi/dijual mempunyai perbedaan.
Contohnya : produsen motor

3. Pasar Persaingan Monopolistik yaitu suatu interaksi antara permintaan dan penawaran yang terdapat sejumlah produsen/penjual yang menawarkan barang yang sama, tetapi masing-masing memiliki ciri khusus.
Ciri-cirinya :
  • Barangnya merupakan differentiated product
  • Penjual memiliki kekuatan monopolis atas produksinya sendiri
  • Terdapat banyak penjual
Kelebihannya :
  • Produsen terpacu untuk lebih berkreasi/berinovasi
  • Memiliki pembeli setia, tidak mudah berpindah ke produk lain
Kelemahannya :
  • Membutuhkan biaya tinggi untuk bisa masuk pasar monopolistik, karena harus menciptakan produk yang mempunyai keunggulan tersendiri
  • Persaingan sangat ketat, karena pasar dikuasai oleh produsen-produsen besar
Contoh : produsen motor, handphone, televisi, dll

4. Pasar Monopsoni yaitu suatu pasar yang dikuasai oleh satu pembeli.
Contohnya :
  • pabrik gula, yang membeli semua hasil produksi tebu rakyat.
  • PT. KAI, yang membeli semua hasil produksi yang berkaitan dengan kereta api


5. Pasar Oligopsoni yaitu pasar yang terdapat beberapa pembeli dengan banyak penjual/produsen.
Contohnya : pabrik semen, di Indonesia hanya ada beberapa pabrik semen sementara bahan bakunya dari berbagai wilayah.
Ishar Yulian Satriani
Entah mau ngetik apaan :v
SHARE

0 Komentar

Post a Comment

Berikan pendapat Anda tentang materi yang kami sajikan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel