Pelaku Kegiatan Ekonomi: Manfaat Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kalian tidak asing lagi melihat orang yang membajak sawah atau menanam padi. Padi yang telah diolah menjadi beras dijual pada agen. Dan dari agen inilah para ibu rumah tangga atau konsumen yang lain bisa mendapatkan beras untuk memenuhi kebutuhan pangan. Petani yang menanam padi, agen, dan ibu rumah tangga dapat dikatakan sebagai pelaku ekonomi. Jadi, apa yang dimaksud pelaku ekonomi? Apa saja manfaat dari diagram interaksi pelaku ekonomi? Agar kalian lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

A. Pengertian Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi

Diagram interaksi pelaku ekonomi (circulair flow diagram) adalah diagram yang menunjukkan interaksi timbal balik antar pelaku-pelaku ekonomi. Untuk mempermudah pemahaman tentang diagram interaksi pelaku ekonomi, maka akan dijelaskan dua model, yakni model tertutup (dua dan tiga pelaku) dan model terbuka (empat pelaku).


1. Diagram Interaksi Ekonomi Model Sederhana (Dua Pelaku)

Agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa, perusahaan memerlukan faktor-faktor produksi berupa tanah, bangunan, bahan baku, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan yang diperolehnya dari rumah tangga. Disini perusahaan dan rumah tangga akan bertemu di pasar input (pasar faktor-faktor produksi). Dari penggunaan faktor-faktor produksi tersebut perusahaan akan memberikan sewa, uang pembelian bahan baku, upah, bunga, dan laba kepada rumah tangga sebagai pemilik faktor-faktor produksi.

2. Kegiatan Ekonomi dengan Campur Tangan Pemerintah (Tiga Pelaku)

Kegiatan perekonomian digambarkan terdiri dari tiga pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga produksi (RTP), rumah tangga konsumsi (RTK), dan rumah tangga negara (G). Campur tangan pemerintah dalam perekonomian akan menimbulkan 3 arus baru dalam kegiatan perekonomian sebagai berikut:
  • Arus pembayaran pajak oleh rumah tangga konsumsi (RTK) dan rumah tangga produksi (RTP) kepada pemerintah. Arus pembayaran pajak ini sekaligus merupakan pendapatan bagi pemerintah.
  • Arus pengeluaran dari sektor pemerintah (government expenditure) untuk pemakaian barang/jasa kepada perusahaan.
  • Arus pembayaran dari pemerintah atas penggunaan faktor-faktor produksi kepada sektor rumah tangga konsumsi (RTK).
Komponen penting lainnya setelah campur tangan pemerintah adalah pajak (Tx), transfer pemerintah (Ti), dan pengeluaran pemerintah (G). Melalui campur tangan pemerintah di dalam bidang ekonomi ini berarti pemerintah turut campur tangan dalam mengendalikan kegiatan ekonomi.

3. Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi Model Lengkap (Empat Pelaku)

Diagram interaksi pelaku ekonomi dalam model lengkap (4 pelaku) akan menggambarkan interaksi timbal balik antara rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri.
a. Aliran antara Rumah Tangga dan Perusahaan.
b. Aliran antara Pemerintah dengan Rumah Tangga dan Perusahaan.
Sebagai salah satu pelaku ekonomi, pemerintah memproduksi barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga dan perusahaan dengan tujuan untuk melayani kepentingan umum.
c. Aliran yang Berkaitan dengan Masyarakat Luar Negeri.
Dalam kegiatan ekonomi dewasa ini, hubungan dengan masyarakat luar negeri merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan lagi. Hubungan dengan masyarakat luar negeri telah menciptakan terjadinya arus masuk barang dan jasa (impor barang dan jasa) serta arus masuk faktor-faktor produksi (impor faktor-faktor produksi).

B. Manfaat Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi

Dari diagram interaksi pelaku ekonomi diperoleh manfaat, baik bagi pemerintah maupun bagi masyarakat. Manfaat diagram pelaku ekonomi bagi pemerintah adalah sebagai berikut.
  1. Sebagai alat bantu untuk membuat pola pembangunan nasional.
  2. Sebagai alat bantu untuk mengatur dan mengontrol arus barang dan jasa serta faktor-faktor produksi yang terjadi di masyarakat.
  3. Sebagai alat bantu untuk mengatur dan mengontrol arus barang dan jasa dan faktor-faktor produksi dari dan ke luar negeri.
  4. Sebagai alat bantu untuk mengukur dan mengontrol arus peredaran uang.
  5. Sebagai alat bantu untuk membuat APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).
  6. Sebagai alat bantu untuk mengatur distribusi pendapatan nasional.
  7. Sebagai media untuk menentukan struktur ekonomi nasional.
  8. Sebagai sarana untuk mengetahui hak dan kewajiban pemerintah kepada masyarakat.
Manfaat diagram pelaku ekonomi bagi masyarakat adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai sumber informasi untuk mengetahui sumber-sumber barang dan jasa apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  2. Sebagai media untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh anggota masyarakat.
  3. Supaya mengetahui produk barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan faktor-faktor produksi yang dimiliki.

RANGKUMAN

  1. Diagram interaksi pelaku ekonomi (circulair flow diagram) adalah diagram yang menunjukkan interaksi timbal balik antar pelaku-pelaku ekonomi.
  2. Manfaat diagram pelaku ekonomi bagi pemerintah salah satunya adalah sebagai alat bantu untuk mengatur dan mengontrol arus barang dan jasa dan faktor-faktor produksi dari dan ke luar negeri.
  3. Manfaat diagram pelaku ekonomi bagi masyarakat salah satunya adalah sebagai sumber informasi untuk mengetahui sumber-sumber barang dan jasa apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Ishar Yulian Satriani
Entah mau ngetik apaan :v
SHARE

0 Komentar

Post a Comment

Berikan pendapat Anda tentang materi yang kami sajikan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel