Pasar dalam perekonomian: Elastisitas Penawaran

Pengertian Elastisitas Penawaran

Elastisitas penawaran adalah tingkat kepekaan penawaran terhadap perubahan tingkat harga yang diukur dengan persentase. Dalam perhitungan elastisitas penawaran yang disebut variabel bebas adalah tingkat harga dan jumlah barang yang ditawarkan (penawaran) sebagai variabel tidak bebas.
Elastisitas penawaran dapat didefinisikan sebagai ‘tingkat kepekaan perubahan jumlah barang/jasa yang ditawarkan terhadap perubahan harga’.

Macam-macam Elastisitas Penawaran

Penawaran Elastis
  • Penawaran Elastis adalah penawaran yang persentase perubahan jumlah barang/jasa yang ditawarkan lebih besar dibandingkan persentase perubahan harga. Misalnya harga barang naik 1%, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkannaik lebih dari 1%. Penawaran yang elastis memiliki koefisien elastisitas lebih besar satu atau disimbulkan dengan Es> 1.
Penawaran Inelastis
  • Penawaran inelastis adalah penawaran yang persentase perubahan jumlah barang/jasa yang ditawarkan lebih kecil dibandingkan persentase perubahan harga. Misalnya harga barang naik 1%, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkannaiknyakurang dari 1%. Penawaranyang Inelastis memiliki koefisien elastisitaskurang dari satu atau disimbulkan disimbulkan dengan Es< 1.
Penawaran Elastis Uniter
  • Penawaran Elastis Uniter atau Penawaran Elastis Satuan adalah penawaran yang persentase perubahan jumlah barang/jasa yang ditawarkansama dengan persentase perubahan harga. Misalnya harga barang naik 1%, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkannaik 1%. Kemiringan kurva permintaannya membentuk sudut 45 derajat. Penawaran yang elastis unitermemiliki koefisien elastisitassama dengan satu atau disimbulkan disimbulkan dengan Es = 1.
Penawaran Elastis Sempurna
  • Suatu penawarandisebut sebagai penawaranyang elastis sempurna jika memiliki koefisien elastisitas tidak terhinggaatau disimbulkan disimbulkan dengan Es~. Barang/jasa yang termasuk elastis sempurna adalah barang/jasa yang harganya tidak mengalami kenaikan walaupun jumlah penawarannya meningkat. Faktor yang berubah hanyalah jumlah yang ditawarkan sementara harga tetap.
Penawaran Inelastis Sempurna
  • Suatu penawaran disebut sebagai penawaranyang inelastis sempurna jika memiliki koefisien elastisitas sama dengan nol atau disimbulkan disimbulkan dengan Es= 0. Faktor yang berubah adalah harga sementara jumlah barang yang ditawarkan tetap.
Rumus Perhitungan Koefisien Elastisitas Penawaran (rumusnya sama dengan rumus elastisitas permintaan)
Es=(Q2-Q1)/(P2-P1) x P/Q atau Es=(∆Q/∆P) x (P/Q)
Keterangan :
  • P atau P1 : harga mula-mula
  • Q atau Q1 : penawaranmula-mula
  • P2 : harga setelah ada perubahan
  • Q2 : jumlah penawaransetelah ada perubahan harga
  • ∆P = P2 – P1 : selisih harga
  • ∆Q = Q2 – Q1 : selisih jumlah penawaran
Contoh :
Pada saat harga barang Rp 30.000,00 jumlah barang yang tawarkan600 buah. Setelah harga turun menjadi Rp 35.000,00 jumlah barang yang ditawarkan700 buah.
a. Tentukan besarnya koefisien elastisitasnya
b. Tentukan jenis elastisitas penawarannya
Jawab :
Es=(700-600)/(35.000-30.000) x 30.000/600
Es=100/5.000 x 30.000/600
Es=1
Jadi besarnya koefisien elastisitas adalah Es = 1.
Termasuk penawaran yang elastis uniter.
Ishar Yulian Satriani
Entah mau ngetik apaan :v
SHARE

0 Komentar

Post a Comment

Berikan pendapat Anda tentang materi yang kami sajikan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel