Pasar dalam perekonomian: Elastisitas Permintaan

Pengertian Elastisitas Permintaan

Elastisitas permintaan adalah tingkat kepekaan permintaan terhadap perubahan tingkat harga yang diukur dengan persentase. Dalam perhitungan elastisitas permintaan yang disebut variabel bebas adalah tingkat harga dan jumlah barang yang diminta (permintaan) sebagai variabel tidak bebas.
Elastisitas permintaan dapat didefinisikan sebagai ‘tingkat kepekaan perubahan jumlah barang/jasa yang diminta terhadap perubahan harga’.

Macam-macam Elastisitas Permintaan

Permintaan Elastis

  • Permintaan Elastis adalah permintaan yang persentase perubahan jumlah barang/jasa yang diminta lebih besar dibandingkan persentase perubahan harga. Misalnya harga barang naik 1%, maka jumlah barang/jasa yang diminta turun lebih dari 1%. Kondisi seperti ini umumnya dialami oleh barang/jasa yang mempunyai substitusinya (barang/jasa pengganti).
  • Permintaan yang elastis memiliki koefisien elastisitas lebih besar satu atau disimbulkan dengan Ed > 1.

Permintaan Inelastis

  • Permintaan inelastis adalah permintaan yang persentase perubahan jumlah barang/jasa yang diminta lebih kecil dibandingkan persentase perubahan harga. Misalnya harga barang naik 1%, maka jumlah barang/jasa yang diminta turun kurang dari 1%. Kondisi seperti ini umumnya dialami oleh barang/jasa yang tidak mempunyai substitusinya (barang/jasa pengganti).
  • Permintaan yang Inelastis memiliki koefisien elastisitaskurang dari satu atau disimbulkan disimbulkan dengan Ed < 1.
  • Biasanya permintaan terhadap barang mewah.

Permintaan Elastis Uniter

  • Permintaan Elastis Uniter atau Permintaan Elastis Satuan adalah permintaan yang persentase perubahan jumlah barang/jasa yang diminta sama dengan persentase perubahan harga. Misalnya harga barang naik 1%, maka jumlah barang/jasa yang diminta turun 1%. Kemiringan kurva permintaannya membentuk sudut 45 derajat.
  • Permintaan yang elastis uniter memiliki koefisien elastisitassama dengan satu atau disimbulkan disimbulkan dengan Ed = 1.
  • Biasanya permintaan terhadap kebutuhan pokok.

Permintaan Elastis Sempurna


  • Suatu permintaan disebut sebagai permintaan yang elastis sempurna jika memiliki koefisien elastisitas tidak terhinggaatau disimbulkan disimbulkan dengan Ed ~. Barang/jasa yang termasuk elastis sempurna adalah barang/jasa yang harganya tidak mengalami kenaikan walaupun jumlah permintaannya meningkat, misalnya premium, harga tetap walau jumlah permintaan semakin meningkat.
  • Biasanya permintaan terhadap kebutuhan sekunder.

Permintaan Inelastis Sempurna

  • Suatu permintaan disebut sebagai permintaan yang inelastis sempurna jika memiliki koefisien elastisitas sama dengan nol atau disimbulkan disimbulkan dengan Ed = 0. Barang/jasa yang termasuk inelastis sempurna adalah barang/jasa yang harganya berubah-ubah namun tidak mempengaruhi jumlah barang/jasa yang diminta. Misalnya obat. Bagi orang yang sakit berapapun harag obat akan dibeli. Jika harga obat turun, dia tetap membeli dalam dosis yang sama seperti sebelum harga obat turun.

Rumus Perhitungan Koefisien Elastisitas Permintaan

Ed=(Q2-Q1)/(P2-P1) x P/Q atau Ed=(∆Q/∆P) x (P/Q)

Keterangan :
P atau P1 : harga mula-mula
Q atau Q1 : permintaan mula-mula
P2 : harga setelah ada perubahan
Q2 : jumlah permintaan setelah ada perubahan harga
∆P = P2 – P1 : selisih harga
∆Q = Q2 – Q1 : selisih jumlah permintaan

Contoh :

Pada saat harga barang Rp 2.000,00 jumlah barang yang diminta 20 buah. Setelah harga turun menjadi Rp 1.900 jumlah barang yang diminta 30 buah.

a. Tentukan besarnya koefisien elastisitasnya

b. Tentukan jenis elastisitas permintaannya

Jawab :

Ed=(30-20)/(1.900-2.000) x 2.000/20

Ed=10/(-100) x 2.000/20

Ed=-10

Jadi besarnya koefisien elastisitas adalah Ed = -10
Termasuk permintaan yang elastis (dalam menentukan jenis elastisitas tanda minus diabaikan).
Ishar Yulian Satriani
Entah mau ngetik apaan :v
SHARE

0 Komentar

Post a Comment

Berikan pendapat Anda tentang materi yang kami sajikan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel