Pasar dalam perekonomian: Penawaran

Pengertian Penawaran

Jumlah barang atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu.
Penawaran ada 2 macam, yaitu:
  1. Penawaran Perseorangan (individu)
  2. Penawaran Kolektif (bersama)

Hukum Penawaran

  • “Semakin tinggi tingkat harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan produsen (penjual). Semakin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen.”
Contohnya, ketika petani sedang panen raya, harga barang yang dipanen akan jatuh.
Hukum penawaran berlaku dengan asumsi bahwa beberapa faktor dianggap konstan (Ceteris Paribus).
Faktor-faktor tersebut adalah:
A. Biaya produksi
Semakin tinggi biaya produksi, menyebabkan harga jual barang lebih mahal.
B. Teknologi
Teknologi yang digunakan sangat mempengaruhi produktivitas, adakalanya perusahaan harus mengganti mesin yang masih baik dengan mesin berteknologi tinggi yang biaya operasionalnya rendah tetapi kemampuan produksinya lebih tinggi.
C. Harapan Keuntungan
Setiap produsen bebas menentukan keuntungannya, semakin besar faktor keuntungan dimasukkan ke harga barang, sudah pasti harga semakin mahal.
D. Kebutuhan Akan Uang
Bagi produsen yang membutuhkan uang tunai dalam waktu cepat sementara stok barang menumpuk, maka barang tersebut akan dijual dengan harga lebih rendah dari semestinya.
E. Harapan Harga Masa Depan
Jika diperkirakan beberapa waktu yang akan datang harga akan mengalami kenaikan, maka produsen akan menunda penjualan, demikian sebaliknya.
F. Tujuan-Tujuan Tertentu
Jika barang tertentu merupakan barang yang sangat dibutuhkan oleh negara tertentu, produsen bisa menjual lebih tinggi di negara tersebut dibandingkan di negara sendiri.
G. Harga Barang itu Sendiri
Jika harga barang itu sendiri naik, maka penjual ingin menjual barang sebanyak-banyaknya agar keuntungannya tinggi.
H. Harga Barang Lain (barang substitusi)
Jika harga barang substitusi mengalami penurunan, bisa menyebabkan omzet penjualan barang tersebut menurun.

Kurva Penawaran

Adalah garis yang menghubungkan antara tingkat harga dengan jumlah barang yang ditawarkan. Kurva penawaran dibuat dari kiri bawah ke kanan atas. Ini didasari logika dari pihak penjual (produsen) menghendaki harga semakin naik sehingga dapat menambah jumlah keuntungan.
Perhatikan tabel berikut :
Dari tabel di atas dapat dibuat kurva penawaran sebagai berikut :
Ishar Yulian Satriani
Entah mau ngetik apaan :v
SHARE

0 Komentar

Post a Comment

Berikan pendapat Anda tentang materi yang kami sajikan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel