Pasar dalam perekonomian: Harga dan Jumlah Keseimbangan Pasar

Harga dan Jumlah Keseimbangan Pasar

Masih ingatkah kamu pembahasan kita mengenai permintaan dan penawaran? Hal apa yang berpengaruh terhadap permintaan dan penawaran? Bukankah harga merupakan salah satunya? Apakah yang terjadi apabila permintaan dan penawaran bersama-sama berada dalam suatu pasar? Marilah bersama kita bahas permasalahan tersebut.

A. Pengertian Harga

Harga merupakan kemampuan atau nilai sesuatu yang diukur dengan uang. Jadi, harga barang adalah kemampuan suatu barang untuk ditukarkan atau dinilai dengan uang. Suatu barang mempunyai harga tinggi jika barang tersebut ditukarkan akan mendapat uang yang banyak. Dengan uang dapat dibedakan harga suatu barang dengan harga barang lain. Jika suatu barang sangat berguna dan jumlahnya tidak terbatas, barang tersebut tidak mempunyai harga. Barang-barang tersebut termasuk barang non ekonomi, misalnya udara, sinar matahari, dan air laut. Jika suatu barang mempunyai harga, barang tersebut harus berguna, jumlahnya terbatas, dan merupakan barang ekonomi. Untuk memperoleh barang-barang ekonomi diperlukan pengorbanan, baik berupa uang, tenaga, dan pikiran.

B. Harga Keseimbangan

Dalam hukum permintaan, konsumen bertindak rasional, artinya konsumen hanya akan meningkatkan pembeliannya bila harga turun dan menurunkan pembeliannya bila harga naik. Sedangkan dalam hukum penawaran, produsen atau penjual yang bertindak rasional, artinya produsen hanya akan memperbanyak penjualannya bila harga naik dan menurunkan penjualannya bila harga turun. Berdasarkan kenyataan dari kedua hukum tersebut di atas agar terjadi pertukaran, maka penjual akan mempertahankan pada harga yang menguntungkannya dan pembeli menginginkan tingkat harga yang tidak merugikannya. Tarik-menarik antara kedua keinginan itu akhirnya akan mencapai pada suatu kesepakatan harga dimana penjual bersedia menjual sejumlah barang dengan harga tertentu yang bersedia dibayar oleh konsumen. Kesepakatan harga inilah yang dinamakan keseimbangan harga atau keseimbangan pasar. Harga keseimbangan (equilibrium price) disebut juga harga pasar. Jadi, harga keseimbangan merupakan harga yang terjadi sebagai akibat interaksi antara permintaan dan penawaran.

C. Terbentuknya Harga Keseimbangan

Harga, permintaan, dan penawaran merupakan tiga variabel ekonomi yang saling mempengaruhi. Permintaan dan penawaran dapat dipengaruhi oleh harga, begitu juga sebaliknya. Harga suatu barang dan jumlah barang yang diperjualbelikan ditentukan oleh permintaan dan penawaran barang, atau dengan kata lain harga sesuatu barang dan jumlah barang yang diperjualbelikan dapat ditentukan dengan melihat keseimbangan antara permintaan dan penawaran di suatu pasar. Keadaan dikatakan dalam keadaan keseimbangan (equilibrium) jika jumlah yang ditawarkan oleh para penjual/produsen pada suatu tingkat harga tertentu adalah sama dengan jumlah yang diminta oleh para pembeli pada harga tersebut. Jadi, secara grafis harga keseimbangan ini terjadi pada titik potong antara kurva permintaan dengan kurva penawaran.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mencari atau menghitung besarnya harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan, yaitu dengan menggunakan tabel, kurva, dan pendekatan matematis.

a. Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Tabel
Untuk mencari harga dan jumlah keseimbangan, disini kita harus menyusun tabel yang berisi P (harga), Qd (jumlah yang diminta), dan Qs (jumlah yang ditawarkan). Melalui tabel tersebut, kita akan bisa melihat pada harga berapa Qd (jumlah yang diminta) sama dengan Qs (jumlah yang ditawarkan). Itulah harga dan jumlah keseimbangan yang kita cari. Berikut ini sebuah tabel yang sudah disusun Tanti dari data-data yang ada. Tugas kita sekarang menentukan berapa harga dan jumlah keseimbangannya.

Dari tabel di atas terlihat bahwa pada harga Rp4.000,- jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Ini berarti harga keseimbangan terjadi pada saat harga sebesar Rp4.000,- dan jumlah keseimbangan terjadi pada saat pensil berjumlah 60 unit.

b. Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Kurva
Adakalanya kita mendapatkan tabel yang tidak memperlihatkan secara langsung adanya harga dan jumlah keseimbangan, seperti tabel berikut.


Oleh karena itu untuk mendapatkan harga dan jumlah keseimbangan, kita harus menggambar kurvanya. Berikut kurva permintaan dan kurva penawaran ketela rambat.

c. Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Pendekatan Matematis
Pendekatan matematis kita gunakan dalam mencari harga dan jumlah keseimbangan apabila data yang kita miliki berbentuk fungsi permintaan dan fungsi penawaran. Untuk mencari harga dan jumlah keseimbangan dari kedua fungsi tersebut, kita menggunakan rumus syarat keseimbangan berikut:
Qd=Qs atau Pd =Ps

Qd = jumlah yang diminta.
Pd = harga yang diminta.
Qs = jumlah yang ditawarkan.
Ps = harga yang ditawarkan.

RANGKUMAN

Keseimbangan pasar adalah suatu kondisi bertemunya antara permintaan dengan penawaran, sehingga harga yang diminta (Pd) sama dengan harga yang ditawarkan (Ps), atau jumlah yang diminta (Qd) sama dengan jumlah yang ditawarkan (Qs).
Ishar Yulian Satriani
Entah mau ngetik apaan :v
SHARE

0 Komentar

Post a Comment

Berikan pendapat Anda tentang materi yang kami sajikan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel