Masalah ekonomi dan cara mengatasinya: Pilihan

Pilihan

Ilmu ekonomi mempelajari bagimana cara setiap individu atau masyarakat mengalokasikan sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Keterbatasan sumber daya seperti alat produksi, konsumsi, barang dan jasa menyebabkan perlu adanya pilihan rasional untuk memenuhi kebutuhan secara optimal. Agar kalian lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Setiap individu akan melakukan pilihan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan kapasitas sumber daya, yang sama adalah semua individu atau komunitas melakukan pilihan. Pilihan berarti memilih sesuatu dan meninggalkan yang lain. Timbulnya kelangkaan membuat individu, perusahaan, dan masyarakat secara keseluruhan tidak bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan sehingga harus membuat pilihan. Pada setiap kegiatan, harus ditentukan pilihan terbaik dari beberapa alternatif pilihan yang telah dibuat. Pilihan-pilihan tersebut meliputi pilihan dalam konsumsi dan pilihan dalam produksi. Tujuannya adalah agar sumber daya ekonomi yang tersedia digunakan secara efisien dan dapat mewujudkan kepuasan yang paling maksimal pada individu dan masyarakat.

1. Pilihan Konsumsi
Kegiatan untuk membuat pilihan konsumsi dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
  • Segi penggunaan sumber-sumber daya ekonomi yang dimiliki.
  • Segi mengkonsumsi barang-barang yang dihasilkan.
Setiap individu harus memikirkan cara terbaik dalam menggunakan sumber daya ekonomi yang dimiliki. Usaha ini bertujuan untuk memaksimalkan pendapatan yang akan dinikmati dengan menggunakan sumber daya ekonomi yang dimiliki. Dengan demikian pendapatan yang diterima dari penggunaan sumber daya ekonomi yang dimiliki setiap individu dapat menentukan jenis dan jumlah barang yang akan dibeli.

2. Pilihan Produksi
Pilihan produksi biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan individu, perusahaan lain, dan pemerintah. Pemilik perusahaan menjalankan kegiatan untuk mencari keuntungan dan keuntungan maksimal hanya akan didapat apabila pemilik perusahaan membuat pilihan yang teliti atas jenis barang/jasa yang akan dijual dan jumlah faktor produksi yang akan digunakan.

Dalam melakukan penjualan barang, para pengusaha dapat menentukan tingkat produksi yang memberi keuntungan paling banyak. Dalam penggunaan sumber daya ekonomi, yang perlu dipikirkan adalah menentukan kombinasi sumber daya ekonomi yang dapat meminimalkan biaya produksi.

Dalam menentukan pilihan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:
  • Analisa Biaya Peluang. Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang dikorbankan karena alternatif tindakan. Pada faktor ini apabila seseorang memiliki dua pilihan atau lebih dan ingin mencapai sebuah kepuasan, maka harus mengorbankan salah satu dari pilihan tersebut
  • Analisa Biaya Manfaat. Analisa biaya manfaat adalah suatu teknik yang digunakan untuk membandingkan berbagai biaya dengan manfaat yang diharapkan.
  • Mengidentifikasi Faktor Pendorong Kegiatan Ekonomi
  • Menyadari Trade Off. Trade off adalah situasi dimana seseorang harus membuat keputusan untuk memilih suatu hal dengan mengorbankan hal lain dengan alasan ekonomis. Misalnya kita memilih menggunakan waktu untuk belajar dari pada bermain game atau yang lain.
  • Berpegang Pada Prisip Ekonomi
Prinsip ekonomi adalah “dengan pengorbanan seminimal mungkin mendapatkan hasil semaksimal mungkin”.

RANGKUMAN

  1. Pilihan berarti memilih sesuatu dan meninggalkan yang lain.
  2. Tujuannya adalah agar sumber daya ekonomi yang tersedia digunakan secara efisien dan dapat mewujudkan kepuasan yang paling maksimal pada individu dan masyarakat.
  3. Pilihan-pilihan tersebut meliputi pilihan dalam konsumsi dan pilihan dalam produksi.
Ishar Yulian Satriani
Entah mau ngetik apaan :v
SHARE

0 Komentar

Post a Comment

Berikan pendapat Anda tentang materi yang kami sajikan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel