Konsep dasar ilmu Ekonomi - Prinsip Ekonomi

Prinsip merupakan pedoman untuk melakukan tindakan. Dengan demikian, prinsip ekonomi berarti pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi. Adapun tindakan ekonomi yang dilakukan masyarakat, misalnya, memilih alternatif terbaik karena pertimbangan efisiensi. Suatu tindakan dapat dikatakan efisien jika tindakan tersebut mempertimbangkan waktu, tenaga, dan biaya yang dikorbankan seminimal mungkin, namun hasil yang dicapai tetap maksimal. Disadari atau pun tidak, sebenarnya prinsip ekonomi sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari, karena tanpa disadari ketika membeli barang akan memilih, menawar, membandingkan barang maupun harga dari satu tempat dengan tempat lainnya, mencari harga termurah. Tindakan-tindakan tersebut adalah cerminan dari penerapan prinsip ekonomi berikut:
  1. Dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu;
  2. Dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil maksimal.
Prinsip ekonomi timbul karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sementara sumber daya relatif terbatas.

Contoh penerapan prinsip ekonomi oleh konsumen dan produsen:
1. Konsumen
Dengan anggaran yang dimiliki, konsumen akan berusaha untuk memperoleh kepuasan maksimal. Bentuk tindakannya, antara lain, memilih dan menawar barang yang akan dibeli, membandingkan, berhemat, serta mencari barang pengganti (substitusi) dengan harga yang lebih murah.
 2. Produsen
Dengan masukan tertentu, produsen akan berupaya untuk menghasilkan hasil maksimal. Bentuk tindakannya adalah:
  • Bekerja seefisien mungkin, yaitu dengan biaya tertentu untuk mendapatkan keuntungan maksimal;
  • Memasang iklan agar barang dikenal masyarakat sehingga penjualan dan keuntungan meningkat;
  • Mengemas barang sedemikian rupa untuk menarik konsumen;
  • Membuka cabang dan menambah gerai pamer di berbagai tempat.

Bahasan yang melekat dengan prinsip ekonomi adalah mengenai:
  1. Tindakan ekonomi, yakni kegiatan yang dilakukan manusia dalam perekonomian, terutama guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam melakukan tindakan ekonomi, ada yang bersifat rasional dan irasional, serta berdasarkan skala prioritas untuk mencapai kemakmuran;
  2. Motif ekonomi, yaitu alasan, dorongan, dan tujuan yang mendasari manusia dalam melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi meliputi motif untuk memenuhi kebutuhan, motif untuk memperoleh kekuasaan, motif untuk memperoleh penghargaan, motif untuk meningkatkan kesejahteraan, serta motif sosial;
  3. Politik ekonomi merupakan tindakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memperbaiki keadaan perekonomian.
Ishar Yulian Satriani
Entah mau ngetik apaan :v
SHARE

0 Komentar

Post a Comment

Berikan pendapat Anda tentang materi yang kami sajikan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel